Pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 Tim Kurikulum Perwakilan Bangkong mengadakan kegiatan Studi Banding untuk tingkat SD. Dalam kegiatan tersebut ada 3 sekolah yang menjadi peserta, yaitu SD Marsudirini Cor Jesu, SD Antonius 01 dan SD Antonius 02. Studi Banding dilaksanakan di SD Virgo Maria I. 

     Acara Studi Banding ini dipandu oleh Ibu Anjani. Kegiatan dibuka dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dipandu oleh Ibu Yani. Setalah itu dilanjutkan sambutan oleh Sr. M. Susanna, OSF selaku Kepala Perwakilan Yayasan Marsudirini Bangkong. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membekali sekolah-sekolah dan guru-guru supaya bisa mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan guru tentang sekolah penggerak dan mengetahui perkembangan zaman serta ingin memberikan gambaran baru tentang arah pendidikan Indonesia.

     Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Hery Nur Cahyono selaku Kepala SD Virgo Maria I. Beliau sangat senang akan kedatangan Bapak Ibu guru dari sekolah-sekolah Marsudirini Perwakilan Bangkong. Beliau juga menyampaikan bahwa di SD Virgo Maria I melaksanakan kegiatan pembelajaran apa adanya dan tanpa direncanakan terlebih dahulu. Selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan observasi kelas. Saat melaksanakan observasi, anak-anak yang berada di dalam kelas mengikuti kegiatan pembelajaran dengan tertib. Ada anak-anak yang sedang latihan menari, ada juga yang sedang membuat proyek P5, ada juga yang sedang membahas materi pembelajaran.

     Pada pukul 09.15 dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Pak Hery. Ada pun materi yang diberikan adalah Alur Pembelajaran P5, Asesmen P5, serta rapor P5. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi pembahasan P5 untuk sekolah masing-masing. Lalu setelah diskusi selesai dilanjutkan dengan sesi sharing. Diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan juga ucapan terima kasih dari Sr. M.  Yusnita, OSF selaku Koordinator Kompleks Ambarawa. Kemudian setelah itu ditutup dengan doa makan dan doa pulang. Setelah selesai makan, seluruh peserta diperbolehkan pulang. Acara berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan apapun.