Senin- Rabu, 4-6 Desember 2023, SD Marsudirini Cor Jesu melaksanakan Retret untuk seluruh siswa kelas VI. Retret ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan khusus untuk siswa kelas VI. Kegiatan retret pada tahun ajaran 2023/2024 ini dilaksanakan di RR. Syalom Bandungan. Seluruh siswa VI berkumpul di sekolah pada pukul 13.00 dan berangkat bersama-sama dari sekolah.

     Seluruh peserta retret dan guru pendamping retret diperkirakan sampai di lokasi sekitar pukul 15.30. Sesampainya di lokasi seluruh siswa langsung menuju pada kamar yang sudah ditentukan oleh panitia. Pukul 16.00-16.30 siswa diberikan waktu untuk snack time, setelah selesai snack time kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan serta ibadat pembuka. 

     Pada pukul 19.00 seluruh siswa dan panitia maupun pendamping makan malam bersama-sama. Setelah sesi makan malam selesai, lalu dilanjutkan dengan materi di hari pertama yang disampaikan oleh Tim RR. Syalom. Setelah selesai sesi pertama dilanjutkan dengan doa malam dan istirahat.

     Pada hari kedua kegiatan diawali dengan doa pagi bersama-sama, kemudian sarapan dan materi kedua serta ketiga yang disampaikan oleh Tim RR. Syalom serta Tim OLA RR. Syalom. Pada materi ketiga seluruh siswa melaksanakan kegiatan di luar ruangan. Dalam kegiatan ini siswa dilatih kedisiplinan dalam berjuang dengan seluruh kekuatan diri dan memberikan yang terbaik. Setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai, seluruh siswa diberikan kesempatan untuk membersihkan diri. Pada siang sekitar pukul 13.30 seluruh siswa melaksanakan makan bersama dan dilanjutkan dengan kegiatan refleksi, sesi snack, sesi “home run”, makan malam, refleksi, doa pendamaian dan diakhiri dengan istirahat malam.

     Kegiatan pada hari ketiga diawali juga dengan doa pagi dan ada sesi jalan pagi bersama. Setelah selesai melaksanakan jalan bersama seluruh siswa diberikan kesempatan untuk mandi serta membereskan seluruh peralatan pribadi agar setelah selesai acara bisa pulang. Pada pukul 08.00-08.45 siswa melaksanakan sarapan bersama dan setelah selesai sarapan melanjutkan materi sesi kelima. Kurang lebih sesi kelima berjalan selama 2 jam. Kegiatan retret diakhiri dengan Ekaristi Kudus yang dipimpin oleh Rm. Wicaksono, Pr. Kegiatan misa berjalan dengan lancar dan setelah misa seluruh peserta makan siang bersama. Sekitar pukul 13.00 siswa sudah dijinkan pulang. Segala rangkaian acara retret berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.