Jumat dan Sabtu, 6 dan 7 Oktober 2023, SD Marsudirini Cor Jesu mengadakan kegiatan Perjusa (Perkemahan Jumat Sabtu). Kegiatan Perjusa ini diikuti oleh siswa kelas V dan VI, yang sudah masuk menjadi tingkatan Pramuka Penggalang. Kurang lebih ada 100 siswa yang mengikuti kegiatan Perjusa ini. Kegiatan perjusa dimulai sekitar pukul 15.30 WIB dan diawali dengan melaksanakan upacara pembukaan di lapangan dan yang menjadi kakak Pembina adalah Kak Markus. 

     Kegiatan selanjutnya setelah upacara pembukaaan adalah persiapan untuk pensi dan api unggun. Seluruh siswa diminta untuk berganti baju dan mempersiapkan diri bersama dengan regunya untuk persiapan pensi. Sebelum dilaksanakan pensi pada pukul 18.00 anak-anak makan bersama, namun ada beberapa siswa yang ditunjuk untuk membawa obor dan membacakan dasa dharma dalam prosesi penyalaan api unggun.

     Setelah seluruh siswa sudah selesai makan malam, tibalah saat yang ditunggu-tunggu yaitu penyalaan api unggun. Kesepuluh siswa yang sudah ditunjuk, satu persatu maju membawa obor sembari membacakan dasa dharma dan menyalakan api unggun. Seluruh siswa baris per-regu dan menyaksikan prosesi penyalaan api unggun. Setelah api menyala seluruh siswa diminta duduk membentuk setengah lingkaran, agar bagian tengah bisa digunakan sebagai panggung untuk pensi.

     Satu persatu regu diminta untuk maju dan menampilkan pensi yang sudah mereka persiapkan. Ada beberapa regu yang menyanyi, menari, bahkan ada yang menampilkan drama. Seluruh regu menampilkan penampilan terbaiknya masing-masing. Selama pelaksanaan pensi seluruh siswa juga diberikan snack. Setelah sampai pada penampilan regu terakhir, acara selanjutnya dilanjutkan dengan jelajah malah.

     Sesi jelajah malam tiap perwakilan kamar tidur, mewakilkan 3 siswa untuk memecahkan teka-teki yang nantinya akan mengarah pada kunci kamar masing-masing. Bagi siswa yang sudah berhasil menemukan kunci diijinkan untuk langsung masuk ruang kelas dan diijinkan untuk langsung istirahat. Satu persatu regu, berhasil memecahkan sandi kotak yang diberikan. Akhirnya pada sekitar pukul 22.45 siswa diminta untuk tidur karena paginya masih ada kegiatan menanam dan jalan ke pos-pos game yang sudah disediakan.

     Sabtu, 7 Oktober 2023 sekitar pukul 05.30 seluruh siswa dan Bapak/ Ibu guru melaksanakan senam pagi bersama-sama di lapangan. Setelah selesai senam pagi, seluruh siswa diajak untuk menanam tanaman hias bersama. Untuk kegiatan ini dipandu langsung oleh Kak Luwi dan Kak Markus. Kegiatan menanan berlangusng kurang lebih 1 jam lamanya. Kemudian bagi regu yang sudah selesai menanam dipersilahkan mandi dahulu, karena setelah mandi akan ada kegiatan sarapan bersama. 

     Sekitar pukul 09.00 seluruh siswa diminta bersiap-siap untuk melanjutkan kegiatan berikutnya, yaitu kegiatan jelajah dan games bersama. Ada 3 pos games dan juga ada bumbung kemanusiaan. Setiap regu mengisi bumbung kemanusiaan dan dikumpulkan ke kakak Pembina. Kemudian untuk pos games tiap regu didampingi oleh beberapa guru/ karyawan. Di sepanjang jalan seluruh regu juga diminta untuk mengumpulkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang. Setiap 2 regu diminta untuk berkunjung ke pos games. Di tiap pos tiap regu diminta untuk menyelesaikan tugas dan tantangan dari kakak Pembina. Ada hal yang dinilai pada tiap pos, termasuk juga kekompakan tiap anggota regu. Hasil akhir nilai tiap regu akan dihitung dan nantinya ada 1 regu putra dan 1 regu putri yang akan menjadi juara. Setelah seluruh regu menyelesaikan tiap pos langsung kembali ke sekolah dan kakak pembina menghitung poin tiap regu. Kemudian akhir acara perjusa ditutup dengan upacara bersama dan juga pengumuman pemenang. Dua regu yang menjadi pemenang adalah regu Singa dan regu Mawar. Setelah selesai upacara penutupan, seluruh siswa diijinkan untuk pulang ke rumah. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar sesuai rencana, meski ada sedikit kendala namun masih bisa teratasi.