Pendidikan adalah pondasi bagi perkembangan individu dan masyarakat. Di era dinamis ini, pendidikan juga mengalami evolusi yang terus berubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan adalah metode pembelajaran yang efektif dan inklusif. Memahami perbedaan setiap siswa dan mengakomodasi kebutuhan mereka adalah tantangan yang dihadapi setiap pendidik. Oleh karena itu, pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2023, SD Marsudirini Cor Jesu mengadakan pelatihan pembelajaran diferensiasi yang diikuti oleh kepala sekolah dan seluruh guru.

    Pelatihan ini tidak hanya dihadiri oleh seluruh guru sekolah, tetapi juga mendatangkan narasumber ahli dalam bidangnya. Bapak Kristian Purwoatmojo, S.Pd. M.Pd dan Ibu Rr. Kusdihantari, S.Pd. dipercaya sebagai narasumber dalam pelatihan ini. Keduanya adalah pendidik berpengalaman dengan latar belakang pendidikan yang kuat dan pengetahuan mendalam tentang pembelajaran diferensiasi.

     Bapak Kristian Purwoatmojo, atau yang lebih akrab disapa Pak Kris memiliki gelar magister dalam bidang pendidikan dan telah terlibat dalam berbagai riset dan pengembangan metode pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan individual siswa. Sedangkan Ibu Rr. Kusdihantari, atau yang lebih akrab disapa Bu Kus memiliki latar belakang pendidikan yang solid, telah berhasil menerapkan pendekatan diferensiasi di dalam kelasnya dan memberikan kontribusi berharga terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

     Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan yang menyesuaikan metode pengajaran dan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik setiap siswa. Pendekatan ini dianggap penting karena setiap siswa memiliki gaya belajar, tingkat pemahaman, dan kecepatan yang berbeda-beda. Dengan menerapkan pembelajaran diferensiasi, guru dapat lebih efektif mengatasi variasi ini dan membantu setiap siswa mencapai potensinya secara optimal.

     Pelatihan tersebut mencakup serangkaian sesi diskusi, workshop, dan studi kasus. Pak Kris membawakan materi tentang teori dasar pembelajaran diferensiasi, strategi implementasi di kelas. Kemudian Bu Kus memberikan wawasan tentang pengalaman pribadinya dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi dalam pengajaran sehari-hari.

     Peserta pelatihan diajak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab sehingga dapat langsung merasakan bagaimana penerapan pembelajaran diferensiasi dapat memengaruhi interaksi guru-siswa dan hasil belajar siswa. Pelatihan ini memberikan wawasan baru, keterampilan praktis, dan pemahaman mendalam kepada para guru tentang pentingnya mengakomodasi perbedaan dalam pengajaran.

     Pelatihan pembelajaran diferensiasi ini di SD Marsudirini Cor Jesu merupakan langkah positif dalam menghadapi dinamika pendidikan yang semakin kompleks. Dengan melibatkan semua guru dan kepala sekolah dalam pelatihan ini, sekolah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran demi kemajuan para siswa. Penerapan pembelajaran diferensiasi di kelas-kelas akan membantu menciptakan lingkungan inklusif di mana setiap siswa merasa dihargai dan didukung dalam perjalanan pendidikannya.